Labels

Monday, April 05, 2010

SAJAK ORANG BERDOSA

ENTAH mengapa, tiba-tiba teringat akan sajak ini yang ditulis oleh A.Wahab Ali:-

Akulah Manusia
ada masanya aku mengapung dalam awan putih dan langit biru
aku mendekatimu
dalam tulus
sehingga sinarmu menjarum lantas ke hatiku
aku merasakan kekudusan
tiba-tiba aku mengenang
menikmati rahmatmu dengan derhaka
maka akupun terlontar dan terpanggang
di neraka terpanas

ketika itu airmataku menjadi hujan
dan ratapku cucurannya jatuh ke zing
detik itu kau hanya datang
antara hadir dan hilang

yang nyata menjelma ialah diriku
membawa kaki manusianya di lumpur hitam
sedangkan hatinya memaafkan
dengan alasan-alasan manusianya
sambil menyeret dosa dan pahalanya

kadang-kadang aku menjadi puputan
singgah di ranting-ranting
nyaring dan ngeri mengadukan dosa

tapi yang jelas
ialah diriku
membawa poster manusia
semakin galak melakukan dosa
semakin kerap berdoa

minta kau mengampunkannya

-nob.19.1975 -

No comments: